Minggu, 23 Oktober 2016

teknologi kedokteran masa depan


  

Semakin berkembangnya zaman, tidak menutup kemungkinan bahwa teknologi di bidang kedokteran juga akan ikut melesat. dengan berkembangnya teknologi kedokteran, kita dapat dengan mudah mendeteksi gejala, penyakit, hingga resiko dari penyakit tersebut. berikut beberapa contoh dari kemajuan teknologi kedokteran.

Pemetaan genomik pribadi (personal genomic service)Pemetaan dan penelitian mengenai gen manusia mulai menjadi pusat perhatian sejak Watson dan Crick menemukan struktur heliks ganda DNA pada tahun 1953. Pada tahun 2003, sebuah proyek Human Genome Projectyang berhasil memetakan gen manusia selesai dikerjakan. Dengan ditemukannya struktur gen tersebut, banyak ilmuwan yang memimpikan bahwa suatu saat setiap orang akan memiliki peta genetik pribadi.
Pemetaan genomik pribadi mulai dikembangkan ketika kedokteran mulai memasuki era personalized medicine. Pada era ini, ilmu dan pengobatan dikembangkan berdasarkan karakteristik genetik masing-masing individu. Dengan adanya peta genetik yang berbeda antarindividu, berbeda pula terapi yang diperoleh meskipun menderita penyakit yang sama. Sayangnya, teknologi tersebut cukup mahal sehingga tidak dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.
Berbagai inovasi muncul untuk mengembangkan pemetaan genomik yang dapat terjangkau oleh masyarakat luas. Sebuah perusahaan yang didirikan oleh Ane Wojcicki menciptakan produk yang bernama 23AndMe. Produk tersebut cukup murah karena dapat digunakan dengan biaya $99. Pada awalnya akan dilakukan pemeriksaan genomik dengan sampel air liur pengguna. Sampel tersebut akan diolah oleh laboratorium selama 6 hingga 8 minggu dan akan dihasilkan data atau profil genomik pengguna. Data genomik tersebut akan diunggah ke akun webwww.23andme.com dan dapat diakses oleh pengguna sehingga dapat diketahui profil genomiknya.

NANOBOT


Gema teknologi nano sebagai teknologi di masa depan telah menyedot perhatian yang luar biasa, terutama bagi dunia peneliti. Dari segi bahasa, istilah “nano” diambil dari ukuran suatu benda/material dalam skala nanometer. Satu nanometer sama dengan sepermiliar meter. Jadi, teknologi nano berarti sebuah rekayasa teknologi material dengan ketelitian ukurannya sampai pada skala nanometer.

Teknologi nano telah diyakini akan menjadi teknologi terobosan untuk kemajuan berbagai bidang, yaitu material, elektronika, IT (information technology), energi, lingkungan, bioteknologi, kedokteran dan lain-lain. Potensi besar ini lah yang membuat teknologi nano dikenal sebagai kunci teknologi di abad 21. Kecenderungan ini melonjak terutama sejak dikucurkan dana pengembangan teknologi nano di saat launching National Nanotechnology Initiative (NNI), Amerika oleh presiden Bill Clinton tahun 2001, sebagai tanda bahwa teknologi nano telah menjadi program nasional di Amerika. Para peneliti di Zurich sedang membangun bot hampir seukuran mikroskopis untuk membantu melakukan operasi halus. Bot ini memiliki jarum yang dapat ditarik untuk menggali dan tubuh yang berukuran diameter hanya seperempat milimeter yang setara dengan sekitar 4 rambut manusia. Ini berarti nanobot tersebut akan setipis pisau bedah dan jarumnya sama tajam.Mengingat ukuran robot, operasi apapun bisa menjadi sebuah operasi yang non-invasif dan minimal. Tidak seperti robot konvensional, nanobot ini terlalu kecil untuk membawa segala jenis baterai atau drive. Untuk menyiasati hal ini, peneliti mengembangkan sistem yang disebut “The OctoMag,” yang menggunakan serangkaian elektromagnet di sekitar kepala pasien untuk memberi daya terhadap robot. Kemudian, dengan sedikit meningkatkan atau menurunkan kekuatan elektromagnet, robot ini didorong atau ditarik melalui tubuh.



Gel Anti Pendarahan

Biasanya, suatu kemajuan medis berasal dari tahun penelitian anggaran yang tinggi. Kadang-kadang itu kecelakaan belaka. Dan kadang-kadang sebuah tim kecil dari perintis akan melangkah maju dengan sebuah penemuan yang benar-benar inovatif. Itulah yang terjadi dengan Joe Landolina dan Ishak Miller dan mereka Veti-Gel, krim-seperti substansi yang langsung akan menutup luka dan memulai proses pembekuan.

Gel anti pendarahan menciptakan kerangka sintetis yang meniru matriks ekstraselular, zat alami awesomely bernama yang membantu sel-sel dalam tubuh tumbuh bersama. Berikut adalah video yang dari gel dalam tindakan (peringatan, itu cukup berdarah). Dalam video tersebut babi darah disalurkan ke potongan daging babi. Ketika daging babi diiris, ia mulai berdarah segera  tapi kemudian berhenti instan Veti-Gel diterapkan.

Dalam tes lain, Landolino menggunakan gel untuk menghentikan perdarahan pada arteri karotid dari tikus, serta hati hidup yang telah diiris. Jika produk ini menjadi komersial  itu bisa menyelamatkan jutaan nyawa, terutama di zona tempur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar